Mengapa Kopi Luwak Enak, Nikmat dan Unik?

Mengapa Kopi Luwak Enak, Nikmat dan Unik?

Produksi Kopi Luwak Unik

Proses terbentuknya feses luwak berupa gumpalan biji kopi dimulai saat buah kopi yang sudah matang (ripe cherries) berwarna merah dimakan oleh binatang luwak. Di dalam perutnya, buah kopi diuraikan oleh enzim proteolitik. 

Penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti makanan, Massimo Marcone di Universitas Guelph, Ontario, Kanada menunjukan bahwa sekresi endogen pencernaan hewan sejenis musang itu meresap ke dalam biji. Sekresi enzim proteolitik memecah kandungan protein yang terdapat pada biji kopi.

kopi luwak enak, jual kopi luwak, info kopi luwak, kopi luwak bandung

Inilah Mengapa Kopi Luwak Enak Hasilnya, peptida dan asam amino bebas menjadi berkurang. Hipotesis sementara mengatakan bahwa perubahaan jumlah protein dan asam amino bebas tersebut menghasilkan rasa yang unik. Sementara itu proses pengolahan kopi berupa penyangraian menghasilkan reaksi mailard browning (reaksi pencokelatan) dari kandungan protein, asam amino, trigonelin, serotonin dengan karbohidrat, asam-asam hidroksilat fenol dan lain sebagainya yang ada di dalam biji kopi.

Mengapa Kopi Luwak Enak ?

memang perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai proses kimiawi yang terjadi setelah luwak memakan buah kopi tersebut, namun apa pun reaksi yang terjadi selama pencernaan biji kopi di perut luwak penilaian akhir dilakukan pada tahap organoleptik  (Cupping Test) dengan menyeruput seduhan kopi. Seperti kita ketahui, penilaian organoleptik terdiri dari beberapa tahap  seperti fragnance, aroma dan teste. Ok Sekian dulut artikel tentang Mengapa Kopi Luwak Enak

Regards,

deluwak.blogspot.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Kopi Luwak Enak, Nikmat dan Unik?

Peta dan Lokasi KLB